Laman

Friday, February 14, 2014

Pohon Soekarno Tumbuh Subur di Padang Arafah

www.shazymoms.blogspot.com
Foto diambil tanggal 14 Februari 2014
Padang Arafah adalah tempat untuk melaksanakan wukuf pada saat melakukan ibadah haji setiap tanggal 09 Dzulhijjah. Padang yang pada musim haji dipenuhi oleh jutaan manusia yang melaksanakan ibadah haji ini kalau diluar musim haji berubah lagi menjadi daerah tanpa penghuni. Sepi sekali. Hanya ada beberapa bis wisata yang membawa jamaah umroh yang ingin melihat - lihat situasi Arafah serta berwisata ke Jabal Rahmah. Padang Arafah yang sekarang sungguh jauh berbeda dengan Padang Arafah yang dulu. Padang Arafah saat ini bukan lagi hanya padang tandus berisi gunung batu dan gurun pasir, tetapi telah menjadi daerah yang sejuk dengan banyak pepohonan. Pohon yang dibudidayakan di Arafah ini di kenal dengan nama Pohon Soekarno. Iya, Pak Soekarno, Presiden Republik Indonesia yang pertama kita, hebatkan dia?

Konon ceritanya, dulu pada tahun 1960an pada saat Presiden Soekarno sedang melaksanakan ibadah haji dan wukuf di Padang Arafah ini, dia merasakan hawa yang panas yang luar biasa dan tidak ada pohon yang tumbuh disini yang bisa melindunginya dari sengatan sinar matahari. Kemudian Presiden Soekarno mempunyai ide bagaimana caranya agar bisa banyak tumbuh pohon di Arafah ini, jadi bisa sebagai pelindung para jamaah haji yang sedang berwukuf dari sengatan sinar matahari serta bermanfaat untuk mengurangi hawa panas yang ada. Ide Presiden Soekarno itu kemudian disampaikan ke para petinggi negara Arab Saudi dan mendapat sambutan yang baik.

www.shazymoms.blogspot.com
Pohon Soekarno sebagai penghijauan di jalanan Mekkah
Setelah Pak Soekarno sampai ke Indonesia, beliau mengirimkan beberapa jenis tanaman beserta ahli bioteknologi Indonesia untuk meneliti kira - kira tanaman apa yang bisa dibudidayakan di tanah Arafah. Berdasarkan penelitian di dapatkan pohon sejenis mindi inilah yang cocok untuk dibudidayakan. Akhirnya, atas jasa Presiden Soekarno dan sebagai penghormatan padanya, pohon ini lebih dikenal dengan nama Pohon Soekarno.

Seiring berjalannya waktu, pohon Soekarno ini tidak hanya dibudidayakan di Padang Arafah saja, tetapi bersama pohon kurma telah menjadi tanaman penghijauan utama di setiap penjuru wilayah Arab Saudi. Di jalan, di taman, di kawasan perumahan dan tempat - tempat lainnya kita akan dengan mudah menjumpai Pohon Soekarno tumbuh dengan rindang.
www.shazymoms.blogspot.com
Arafah hijau oleh Pohon Soekarno

2 comments :

  1. hanya orang yg berhati mulia dan bermata bathin yg tajam serta mendapat hidayah dari Rab Nya dapat melihat massa yg akan datang......Bung Karno memiliki itu....!!!

    ReplyDelete
  2. hanya orang yg berhati mulia dan bermata bathin yg tajam serta mendapat hidayah dari Rab Nya dapat melihat massa yg akan datang......Bung Karno memiliki itu....!!!

    ReplyDelete