Laman

Sunday, April 20, 2014

Tips Umroh Membawa Anak Kecil

Ibadah umroh merupakan ibadah yang butuh stamina ekstra dan kesehatan yang prima. Mengelilingi Ka'bah untuk thawaf 7 putaran lanjut dengan melakukan sa'i berjalan 7 kali dari bukit Shafa ke Marwa dan sebaliknya sungguh melelahkan bagi orang dewasa yang tidak terbiasa olahraga, apalagi bagi anak-anak. Bagi kami sekeluarga yang saat ini bermukim di Kota Mekkah, maka saya akan memberikan tips sederhana buat jamaah yang akan melaksanakan umroh yang sudah sampai sini, bagaimana caranya agar bisa tatap ibadah umroh bersama anak-anak kecil tetapi tetap merasa menyenangkan bagi si anak dan orangtuanya bisa lebih konsentrasi ibadah. 

Tips sederhana dari saya adalah : PAKAILAH KURSI RODA

Selain bisa membawa sendiri (jika punya) atau jika tidak mempunyai kursi roda, bisa menyewa nanti di dalam Masjidil Haram. Di dalam masjid ada jasa penyewaan kursi roda berikut tenaga dorongnya. Penyewaan jasa kursi roda ada yang resmi serta ada yang ilegal. Kalau yang resmi di kelola oleh pihak masjid di tandai dengan petugas kursi roda memakai seragam rompi berwarna hijau, sedangkan yang ilegal biasanya yang memakai pakaian bebas tanpa rompi hijau dan mereka akan mendekati kita untuk menawarkan penyewaan kursi roda berikut tenaga dorongnya. Tinggal pilih mau sewa kursi rodanya saja atau dengan tenaga pendorongnya sekalian, tentu harganya berbeda. Kalau kita mau sewa kursi rodanya saja biasanya si pemilik akan meminta nomor hape kita, jadi nanti setelah kita sudah selesai umroh tinggal telpon dia diajak ketemuan untuk menyerahkan kembali kursi rodanya. Pembayaran penyewaan kursi roda ini ini selalu di bayar dimuka.

Kalau kita thawaf menggunakan kursi roda sebaiknya jangan thawaf dilantai satu, karena kondisi lantai satu yang selalu padat maka kursi roda kita akan susah jalan serta jadi mengganggu orang lain yang sedang thawaf. Sebaiknya thawaf dari lantai dua yang memang diperuntukkan untuk pemakai kursi roda, serta jamaah umroh ibu-ibu, orang tua dan anak-anak. Kalau nanti waktu melaksanakan sa'i kursi roda tetap bisa jalan baik dilantai satu maupun lantai dua, soalnya di lantai satu tempat sa'i ada jalan khusus untuk kursi roda.

http://shazymoms.blogspot.com
Anak-anak Sa'i di dorong Abi (17.04.2014)
Kenapa harus pakai kursi roda? Yaa.. karena kereta bayi/anak (stroller) tidak diizikan masuk ke dalam Masjidil Haram, harus di tinggal di luar pintu masjid sedangkan kalau kursi roda bebas masuk masjid. Kalau umroh sambil gendong tentu tambah lelah. Tapi ga apa-apa deng kalau mau berlelah-lelahan.. Tergantung kita sebagai orangtuanya juga.. 

Oke, sekian tips sederhana dari saya, semoga bisa membantu.

No comments :

Post a Comment