Laman

Monday, March 30, 2015

Cara Ambil Visa Tinggal di Saudi Untuk Keluarga

Kadang banyak yang bertanya bagaimana caranya mengambil visa tinggal untuk istri dan anak bagi ekspatriat yang bekerja di Saudi Arabia. Kalau cara suamiku dulu mendapatkan visa tinggal untukku sang istri tercintanya ini (ciee! :D), dia mengajukan visa tinggal untukku dengan syarat sebagai berikut:

  • Surat nikah yang tekah diterjemahkan oleh penerjemah resmi dan di legalisasi serta di stempel oleh Departemen Luar Negeri RI di Jakarta.
  • Slip gaji suami sebagai pemohon.
  • Surat rekomendasi dari perusahaan tempat dia bekerja.
  • Membayar uang 2.000 SAR lewat ATM untuk pengurusan visa.
  • Jenis pekerjaan suami (kalau bahasa Arabnya "mehna-nya"), katanya dulu kalau suaminya kerjaannya yang bersifat profesi saja yang bisa mengambil visa tinggal untuk istri dan anak-anaknya. Misal profesi dokter, teknisi, atau jenis profesi lainnya.
Berkas tersebut kemudian dibawa ke Markas Istiqdam di Jeddah. Nah, kalau disetujui visa bisa jadi saat itu juga. Tinggal keluarga di Indonesia yang menerima visa itu kemudian di urus lagi di Kedutaan Arab Saudi yang ada di Jakarta. Kalau sudah beres semua, tinggal berangkat, terus sesampai di Saudi visa dan paspor kita tadi di bawa ke kantor Jawazat (Imgrasi Saudi) untuk dibutkan Residence Permit Card alias Iqamah.

Eh tapi, itu cara pengurusan visa tinggal untukku 6 tahun yang lalu loh ya.. Kalau sekarang ini kabarnya lebih gampang karena pengurusannya tidak manual lagi, tapi sudah bisa apply sendiri melalui internet, sudah sistem online. Ini link yang aku dapatkan, silahkan dibaca dan kalau masih bingung juga banyak banget tanya jawab dikolom komentar yang bisa mencerahkan. Semoga bisa membantu --> "HOW TO APPLY PERMANENT FAMILY VISA ONLINE?"

18 comments :

  1. menarik mba tulisannya...
    kebetulan sekarang lagi ngurus visa juga
    dijakarta ngurus visanya sendiri apa lewat agen mba...?

    ReplyDelete
  2. Bagus mba tulisannya, kebetulan lagi ngurus visa buat istri sama anak anak.
    Kalo di Jakarta ngurus visanya sendiri apa lewat agen mba...?
    Ma kasih ya...

    ReplyDelete
  3. Bagus mba tulisannya, kebetulan lagi ngurus visa buat istri sama anak anak.
    Kalo di Jakarta ngurus visanya sendiri apa lewat agen mba...?
    Ma kasih ya...

    ReplyDelete
  4. menarik mba tulisannya...
    kebetulan sekarang lagi ngurus visa juga
    dijakarta ngurus visanya sendiri apa lewat agen mba...?

    ReplyDelete
  5. Maaf baru baca.. Di Jakarta pengurusan di Jakartanya saya minta tolong dengan agen karena keterbatasan ga punya saudara yg tinggal di Jakarta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mb sumiati bisa minta no wa nya saya juga ingin mengurus visa itu cm gk tau gmn carax.

      Delete
    2. Mba @sumiati bisa minta nk wa nya ke email citra91melati@yahoo.com.. sy sedang cari agen untuk bantu oengurusan visa anak saya. Terimakasih

      Delete
  6. maaf mbak apa saja yg di bawa selain paspor asli dan calling visa ke kedutaan saudi di jakarta,,,apa kita akan bayar di sana,

    ReplyDelete
  7. salam kenal mbak, rencananya saya mau kirim visa ziarah untuk orang tua saya,,,tapi saya bingung kalau saya udah kirimin visa susahnya gimana cara mengurusnya di indonesia,,,tolong minta penjelasannya. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak, saya punya teman yang menjadi agen biro jasa pengurusan Calling Visa di Jakarta. Mbak bisa kontak saya secara personal di Twitter @ZainalMrs, nanti saya kasih nomor Whatsapp saya.

      Delete
    2. @sumiati Bisa kirim ke email saya tidak nomer kontak agen tersebut? Di tursina.annisa@gmail.com
      Saya sedang butuh agen untuk mengambil visa saya dg calling visa juga.. Terimakasih

      Delete
  8. Assalamualaikum. sy berencana menyusul suami yang sedang krja di hotel di madinah . dan sedsng berjuang uuntuk mengurus visa family (iqamah durasi stay 2tahun) . apa wktu urus mbak diminta memperlihatkan booking tiket peswat? mengingat pulangny masih lm apa perlu juga lampirkan tiket pulang.

    ReplyDelete
  9. assalamualaikum mba. mba kalo pasangan perkawinan campuran apakah mengurus visa family sama mba? apakah punya kenalan biro jasa nya mba. terima kasih

    ReplyDelete
  10. assalamualaikum mba. mba kalo pasangan perkawinan campuran apakah mengurus visa family sama mba? apakah punya kenalan biro jasa nya mba. terima kasih

    ReplyDelete
  11. Mba sumiati bisa bisa mibta no wa nya

    ReplyDelete
  12. assalamualaikum, mba boleh minta pencerahan nya tentang proses visa.. Karena say Dan anak saya ingin sekali ikut suami saya yg kerja di Riyadh.. mohon jika berkenan no. WA nya via email saya. Terimakasih banyak semoga kebaikan mba mendapat balasan dari Allah SWT.wassalam

    ReplyDelete
  13. Siapa yang mau bekerja di Arab Saudi
    Perempuan Pekerja Rumah Tangga
    Kirim
      Nama anda
    Nomor ponsel Anda
    Di surat
    hindsolmaster@gmail.com

    ReplyDelete