Laman

Thursday, April 2, 2015

Mau Beli Emas Berapa Kilo?

Beli emas kiloan? Ini emas perhiasan, bukan emas batangan.. Ini beneran lho ya.. Aku aja suka kagum (atau heran??) melihat deretan pajangan perhiasan emas di etalase toko emas disini. Emasnya gede-gede banget! Sampai mikir, gimana ntar orang yang beli memakainya ya? Apa kalau lehernya dikalungi emas segede itu ntar ga bikin jalannya dia bungkuk-bungkuk keberatan? Tindikan kuping jadi melebar karena digantungi anting-anting segede jambu?
Ah! Membayangkan yang ga penting aja! :D

Hey, tapi emang kok, disini itu kalau kamu mau beli emas dari ukuran sekecil semut sampai segede gajah, ada ukurannya (tulisan gajah tolong diabaikan karena terlalu lebay). Tinggal duitnya saja yg menyesuaikan.

Dan yang bikin aku heran lagi (wong ndeso jadi sering heran :p ) berderet-deret toko emas disini ga ada yang punya satpam maupun sekuriti. Cuma pelayan toko aja dan jumlahnya ga begitu banyak. Kadang satu orang pelayan melayani beberapa calon pembeli, calon pembeli yang satu dikasih barang yang dia inginkan, sementara barangnya dilihat-lihat dulu oleh calon pembeli tadi, si pelayan nyambi melayani beberapa pembeli lainnya. Calon pembeli melakukan hal yang sama, memegang beberapa barang emas, melihat-lihat dan mikir mana yang paling disukainya sambil tawar menawar harga. Penjual emas disini kayaknya ga takut emasnya di curi atau di rampok. Aku akui sih, negara negara ini keamanannya Masyaallah banget!

Nih aku sempat ambil foto salah satu sudut bagian kecil saja dari sebuah etalase toko perhiasan emas, pajangan lainnya masih banyak.. Ada puluhan bahkan ratusan dengan berbagai model perhiasan set, dari ukuran kecil sampai yang besar. Belum lagi yang dipajangan jual perbijian. Buanyaak sekali!


www.shazymoms.blogspot.com
Atas : set perhiasan ukuran besar. Bawah : set perhiasan ukuran kecil dan gelang-gelang.
Semuanya emas asli.
Oh ya, tambahan informasi, saat ini harga emas Saudi per gram rata - rata 160an Riyal, atau sekitar Rp 550.000. Itu untuk yang emas dengan kadar 21 karat. Harga bisa berbeda tergantung modelnya. 

Ada yang bilang emas yang berasal dari Saudi ga laku jika ingin dijual di Indonesia. Itu kurang benar. Mungkin memang ada beberapa daerah yang begitu, mungkin lho ya.. Karena memang selama ini isu itu cuma 'katanya si anu, katanya si ini'. Cuma 'katanya dan katanya'.

Beberapa tahun yang lalu (tahun 2010 kayaknya) aku pernah mencoba menjual perhiasan emas asal Saudi ke beberapa toko emas di daerah Kebumen, Jawa Tengah. Ternyata para pedagang emas disana pada seneng lho.. Setelah di cek kadar emasnya, kata si pedagang kadar emas Saudi lebih bagus daripada yang mereka jual, walau dalam takaran karat yang sama. Bahkan perhiasanku dibeli oleh mereka lebih tinggi daripada mereka harga emas daganganya. Katanya itu nanti emasnya akan dilebur lagi, buat dicampur dengan emas lokal. Ini aku sudah membuktikan sediri bahwa emas Saudi  itu laku dijual di Indonesia.

3 comments :

  1. Jualnya dimana kl blh tau..di toko emas apa penjual yg biasa terima emas arab gt

    ReplyDelete
  2. Iya di mana belinya.. kok gak dilanjut infonya

    ReplyDelete
  3. This is such a great resource that you are providing and you give it away for free. I love seeing blog that understand the value of providing a quality resource for free. Beli Emas

    ReplyDelete