Laman

Sunday, August 10, 2014

Pijatan Bu Yasmin

Sejak lebaran badan ini rasanya rontok, sendinya pada ngilu, kecapean. Aku berkata sama Suamiku bahwa aku pingin sekali di pijat, dia oke-oke saja. Kemudian aku menghubungi salah satu temanku, Halimah, aku tau bahwa dia sering pijat, lalu aku dikasih nomor hape 2 tukang pijat langganannya di Mekkah ini.

Kemarin pagi, saat di tempat kerja,  Suamiku juga bertanya pada salah seorang rekan kerjanya, Pak Umar, menanyakan punya kenalan tukang pijat atau ga. Pak Umar yang berasal dari Lombok (NTB) itu bilang ada tukang pijat asal Lombok yang tempat tinggalnya ga jauh dari rumah kami. Namanya Ibu Yasmin.

Setelah bikin janji, jam 8 malam suamiku dan anak-anak menjemput Bu Yasmin untuk dibawa kerumah kami. Rumahku dan Bu Yasmin masih satu blok. Sampai rumah, setelah percakapan pembuka antara aku dan Bu Yasmin langsung memulai aktivitas. Bu Yasmin pijatannya enak sekali dan lama, hampir 1,5 jam. Sambil mijat kami sambil ngobrol. Bu Yasmin bercerita bahwa dia seorang janda yang merantau ke Mekkah ini demi nafkah dan biaya sekolah anak-anaknya di kampung. Anaknya ada 5 orang, yang 4 telah selesai kuliah dan 3 diantaranya telah menikah. Tinggal anak bungsunya yang masih kuliah, sekitar 2 tahun lagi Insyaallah selesai. Rencana Bu Yasmin setelah bungsunya lulus kuliah dia ingin pulang ke Indonesia, istirahat menikmati masa tuanya dengan cucu-cucunya yang sekarang jumlahnya ada 3. Bu Yasmin sudah 13 tahun tidak mudik ke Lombok, berarti sudah 13 tahun juga dia tidak melihat anak dan keluarganya. Dia tidak bisa mudik ke Indonesia karena dia disini statusnya TKW illegal, jadi kalau dia berani pulang dia tidak akan bisa kesini lagi sedangkan dia masih butuh uang untuk biaya kuliah anaknya.

Langganan pijat Bu Yasmin bukan hanya WNI yang bermukim disini, kebanyakan justru ibu-ibu Arab. Selain melayani pijat dan urut khusus wanita, Bu Yasmin bisa juga di panggil sebagai penatalaksana rumah tangga dengan tarif per jam 20-25 riyal.

Aku mendengarkan cerita Bu Yasmin sambil menikmati pijatannya yang enak. Selesai di pijat, badanku terasa segar dan hilang rasa ngilunya.

4 comments :

  1. Halo mba.. boleh bagi kontak mba yasmin atau kenalan tukang pijat lain di makkah? Thanks

    ReplyDelete
  2. Apakah mbak Yasmin bisa mijit laki2 juga....?!

    ReplyDelete